http://homeuliel.blogspot.com/2014/11/pengertian-html.html

HTML merupakan  singkatan dari Hyper Text Markup Language.  HTML sendiri merupakan bahasa pemrograman atau bahasa kode dalam membuat sebuah sistem informasi di internet atau lebih dikenal dengan website. kode HTML sendiri biasanya fokus pada laman web dimana dengan kode HTML website akan lebih terstruktur.




Struktur Dasar Dokumen HTML
contoh :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Blog:Belajar Saja</title>
</head>
<body>
Isi Dokumen disini
</body>
</html>

Penjelasan struktur HTML diatas :
  • Setiap dokumen HTML harus diawali dengan tag <html> dan diakhiri dengan tag </html>. Tag <html>  merupakan tag pembuka ketika ingin menulis dokumen HTML. sedangkan tag </html> merupakan tag penutup dalam penulisan dokumen HTML.  Perbedaannya adalah pada Tag pertama atau tag pembuka tidak terdapat / sedangkan tag penutup terdapat tanda /.
  • Head merupakan kepala dokumen HTML.  bagian ini menyimpan metadata atau informasi terstruktur yang menjelaskan tentang dokumen HTML, judul dari isi dokumen HTML  tersebut. Format penulisannya adalah diawali dengan tag <head> dan diakhiri dengan </head>. Tag <head> merupakan tag pembuka untuk kepala dokumen  HTML.  Tag </head> adalah tag penutup untuk kepala dokumen  HTML.
  • Judul dokumen HTML akan ditampilkan pada bagian kiri atas jendela web browser. Cara penulisan judul dokumen HTML  adalah diawali dengan tag <title> dan diakhiri tag </title>. bagian ini termasuk metadata atai informasi terstruktur yang menjelaskan tentang dokumen HTML.  Sehingga harus diletakan diantara tag <head> <title>judul dokumen</title><head> seperti ini :
  • Bagian body dokumen  HTML  merupakan tempat dimana seluruh isi dokumen HTML yang hendak di tampilkan pada web browser dituliskan. format penulisan tag diawali dengan <body> dan diakhiri dengan tag </body>. seperti contoh dibawah ini :
    Terimakasih telah  membaca artikel tentang pengertian HTML di blog saya. 


    Artikel terkait :

Post a Comment

Previous Post Next Post